Minggu, 17 Mei 2015

Pencarian Roti: TopValu

Setelah 1 bulan lebih hidup di Toyama, sudah lama rasanya ga makan roti. Ya, roti yang bisa dimakan oleh muslim tidak semuanya, salah satunya yang sudah terkenal dan dicek adalah Roti TopValu dari Aeon. Biasanya yang menyebabkan roti di Jepang tidak dapat dikonsumsi, karena mengandung ショートニング atau shortening, 乳化剤 atau nyukazai atau emulsifier, dan マーガリン atau margarin. Dalam ketiga komponen untuk membuat roti tersebut, terkadang dibuat dari bahan bahan hewani 動物(dalam hal ini kebanyakan babi), dan tidak sedikit juga yang berasal dari nabati 植物. Dan yang dapat dikonsumsi oleh muslim, tentunya yang berasal dari tumbuhan. Salah satu cara mudahnya untuk mengetahui dari apa dibuatnya, terkadang produsen mencantumkan keterangannya dalam kurung setelah ketiga kata komponen tersebut, misalnya 乳化剤(大豆由来), artinya adalah 100% dari kacang kedelai, atau (大豆を含む), artinya mengandung kacang kedelai.

Kembali lagi keceritanya, jadi selama satu bulan ini sering puter puter Toyama, jalan jalan ke supermarket dan konbini hanya untuk memastikan ada tidaknya roti topvalu tersebut. Usut punya usut, ternyata roti tersebut hanya di jual di Supermarket Aeon. Awalnya sudah putus asa, karena saat disearching di google maps kata kunci aeon, pencariannya kemana mana, nama institusi pendidikan lah, mall lah, dll. Tapi ada satu pencarian yang cukup mencurigakan bertuliskan イオンタウン, atau Aeon Town. Awalnya tidak ada keinginan pergi ke tempat yang ga ada embel embel supermarketnya tersebut dan lokasinya cukup jauh, 40 menit naik sepeda dari asrama. Tapi karena sudah pengen dan niat, akhirnya tadi sore pergi kesana.

Dan ternyata benar, tempat itu adalah pusat pembelajaan Aeon. Ternyata Aeon tidak hanya berupa supermarket atau jual makanan saja, juga menjual barang barang yang lain. Dan disini nama supermarket Aeonnya menjadi 'MaxValu'. Langsung masuk ke Aeon dan borong 2 roti dari sana. Setelah beli roti, langsung pulang ke asrama dengan hati senang, karena akhirnya ada roti lagi buat variasi sarapan pagi. やっと見つけた。。。

1 comments:

maw mengatakan...

Alhamdulillah sangat bermanfaat😊

Posting Komentar

 
;