Kamis, 30 April 2015

Taisou 体操, Senam Tiap Pagi!

Assalamualaikum...
おはようございます。

Ada salah satu budaya atau kebiasaan di Jepang saat pagi hari sebelum memulai aktivitas, yaitu senam gerak tubuh atau disebutnya taisou 体操,

tai 体, artinya tubuh atau karada からだ, dan sou 操, artinya pergerakan / pengoperasian suatu alat(seperti dipakai di 操作).

Di asrama Toyama Kousen, setiap pagi jam 7.20 ada pemberitahuan dari speaker utama yang terhubung ke 寮事務室 ryojimushitsu, yaitu ruang TU asrama, bahwa akan dilaksanakan senam pagi di luar, tepatnya depan tempat parkir sepeda asrama. Kalau cuaca tidak mendukung, seperti hujan dan semacamnya, senam pagi ini tidak dilakukan.

Semua anak2 pun keluar asrama dengan kondisi berbeda2, ada yang sudah segar, ada yang baru bangun, ada yang masih loyo2, macem2. Bagi siswa Jepang, mengikuti taisou 体操 ini wajib, karena setelah berkumpul di lapangan akan di absen satu satu, akan tetapi bagi saya pelajar asing 留学生 ryugakusei tidak diwajibkan ikut karena absennya di depan kamar masing masing.

Fungsi dari senam pagi ini agar tubuh yang masih males buat gerak bisa jadi semangat memulai hari, bisa juga yang tadinya ngantuk jadi segar, selain itu buat peregangan juga sebelum melakukan aktivitas lainnya. Oh iya, senam pagi tiap hari ini tidak hanya untuk pelajar loh, yang saya lihat di TV, perusahaan perusahaan Jepang juga mewajibkan para karyawan dan pekerjanya untuk melakukan senam 体操 ini, tak terkecuali Perusahaan Jepang yang di luar negeri juga.

Sekian, semangat Pagi!

0 comments:

Posting Komentar

 
;