Rabu, 24 Desember 2014

Shalat Jumat di Jepang : Masjid Tokyo Camii Turki

Bismillah...

Berhubung hari ini masih hari Jumat, sekarang kita akan review shalat Jumat di Masjid Tokyo Jamii Turki, salah satu Masjid terindah di Tokyo dengan arsitekturnya.

Masjid Tokyo Jamii ini dapat diakses lewat yoyogiuehara eki (odakyu line), jalan sekitar 7 menit dan lokasinya di link google maps berikut :
東京ジャーミイ・トルコ文化センター , TOKYO CAMII & TURKISH CULTURE CENTER
http://goo.gl/maps/YkLoI

Ini pengalaman pertama kali saya Shalat Jumat di Tokyo Camii, biasanya kita Shalat Jumat di Gakusei Hall Sekolah bareng2 teman2 muslim dari indonesia, malaysia, uganda, arab saudi, qatar, uae dll.

Walaupun waktu Shalat sudah masuk dari jam 11.38, ternyata pelaksanaan Shalat Jumatnya baru dimulai jam 12.40. Mungkin hal ini untuk mempermudah pekerja kantor yang izin untuk melakukan Shalat Jumat.

Pada awalnya kami mengira akan terlambat shalat jumat, karena di odakyu line ada 'kecelakaan' yg biasa kami tafsirkan sebagai 'ada bunuh diri', jadi kita menunggu beberapa menit, karena kereta berhenti. Dari kejauhan Masjid Tokyo Jamii ini lebih mencolok dari bangunan sekitarnya, karena adanya menara Masjid yang menjulang tinggi ke atas dan kubah yang seperti khas2 Masjid arsitektur Turki. Di bagian dalamnya pun semakin terlihat keindahan arsitektur dan seni di Masjid Jamii.

Shalat Jumat di Masjid Jamii ini diawali dengan ceramah dengan menggunakan bahasa Jepang oleh orang Jepang yg suka mengguide pengunjung, kemudian Khutbah Jumat yang disampaikan dengan bahasa Turki *mungkin dan bahasa Inggris oleh Imam Masjid Jamii Turki ini.

Setelah Shalat Jumat, ada makan siang gratis di hall bawah Masjid. Minumannya terdapat dua jenis pilihan, ada teh dan yoghurt. Selain itu Tilawah Quran jg dibacakan oleh Syekh setelah Shalat Jumat, jadi semakin melengkapi suasana Islami walau menjadi minoritas di negeri Sakura ini.

Sekian dan terima kasih

Tempat Khatib Jumat
Terlihat Jamaah Shalat Jumat sudah mulai banyak
Suasana Masjid masih lowong dan sepi
Arsitektur Masjid Khas Turki Utsmani, seperti Haghia Sophia dan Masjid Biru di Turki
Pintu Gerbang Masjid Tokyo Camii
Masjid Tokyo Camii dari kejauhan tampak khas dari bangunan sekitarnya

1 comments:

Budiastuti mengatakan...

Saya mau ke Jepang sampai kamis malam. Jumat rencananya langsung ke masjid Camii anak laki laki dan suami mau sholat jumat di sana. Apakah ada tempat untuk wanita?:kalau menunggu di luar khawatir dingin. nah tolong sarankan transportasi termurah😊

Posting Komentar

 
;