Minggu, 03 Mei 2009

INAICTA 2009 – Lomba Inovasi ICT Nasional

INAICTA 2009 (Indonesia ICT Award 2009) adalah ajang lomba karya cipta kretivitas dan inovasi bidang teknologi informasi dan telekomunikasi berskala nasional yang pada tahun ini memasuki tahun ketiga.

INAICTA adalah sebuah program nyata yang diinisiasi oleh Departemen Komunikasi dan Informatika untuk mendorong munculnya karya-karya teknologi informasi dan telekomunikasi lokal yang berkualitas dan pada akhirnya mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri serta menjadi pemain di industri global.



INAICTA 2009 mengambil tema "Kreativitas Digital untuk Membangun Bangsa".
Tema ini diangkat untuk menunjukkan bahwa kreativitas merupakan faktor kunci dalam pembangunan industri ICT di Indonesia sekaligus juga menyukseskan program pemerintah menjadikan Tahun 2009 sebagai Tahun Indonesia Kreatif.

Ajang kali ini memperebutkan total hadiah mencapai Rp 1 Milyar dan pemenang pun berpeluang mewakili Indonesia di ajang internasional, antara lain APICTA (Asia Pasific ICT Award).
Dalam penyelenggaraan sebelumnya, INAICTA mampu menarik perhatian dan partisipasi yang sangat besar pelaku ICT nasional. Partisipasi yang tinggi, hasil karya yang berkualitas, dan proses penjurian yang baik menghasilkan para pemenang INAICTA yang akhirnya berkembang menjadi industri kreatif berbasis ICT dan memilki potensi besar menjadi industri masa depan.
Informasi lebih lengkap dan pendaftaran dapat dilihat di www.inaicta.web.id


Latar Belakang

Teknologi informasi dan telekomunikasi (TIK) terus mengalami perkembangan yang sangat pesat dan mengambil peran yang semakin besar dalam kehidupan manusia. Penguasaan terhadap teknologi ini diyakini akan menentukan kemajuan sebuah bangsa sehingga wajar jika banyak negara yang memberikan perhatian khusus terhadap pengembangan TIK di negaranya.

TIK dapat dipandang sebagai alat dan produk. Sebagai alat, TIK mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas banyak aktivitas mulai dari bisnis hingga pengelolaan negara, lihat saja manfaat yang dirasakan dari praktik e-government. Sedangkan sebagai produk, produk-produk TIK terbukti memiliki nilai tambah yang sangat besar, contoh yang paling mudah adalah keberhasilan situs jejaring sosial Facebook di level global dan situs komunitas Kaskus di level nasional.

Karakter yang unik dari teknologi informasi dan telekomunikasi adalah informasi tanpa batas sehingga membentuk ruang persaingan yang relatif seimbang antara negara maju dan negara berkembang. Yang membedakan adalah kemampuan inovasi dan kreativitas masyarakat di bidang ICT dalam sebuah bangsa.

Indonesia sebagai negara yang sedang berkembang harus memanfaatkan peluang ini secara optimal sehingga dapat menjadi daya saing bangsa di masa depan. Untuk itu diperlukan segala upaya mendorong penguasaan ICT dan menumbuhkan budaya inovasi dan kreativitas di bidang ICT ini.

Segera daftarkan karya kalian... Jangan sampai ketinggalan !!!

0 comments:

Posting Komentar

 
;